Tips merawat dan memelihara blog

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Tips merawat dan memelihara blog dan semoga artikel ini bermanfaat.


Tips merawat dan memelihara blog ini saya share berdasar pengalaman saya yang masih newbie, mungkin buat sobat yang udah malang melintang di dunia blogger hal ini sudah dianggap ga perlu lagi.
seiring dengan perkembangan jaman tidak dapat dipungkiri akan lahirnya blogger-blogger baru seperti saya dan mungkin pula perawatan dan pemeliharaan blog ini belum dilakukan. mengingat hal ini saya anggap perlu dilakukan maka sengaja pengalaman saya ini share buat sobat yang masih newbie dan belum melakukan ini.
Merawat dan memelihara blog ini saya anggap perlu dilakukan karena blog juga perlu perawatan dan pemeliharaan yang intensif, apabila blog kita biarkan begitu saja tentunya akan rentan dari berbagai penyakit yang akan melemahkan bahkan membunuh atau menghilangkan blog kita dari posisi SERP. apalagi bagi yang rajin memposting artikel alangkah disayangkannya apabila blog kita tidak dirawat secara benar karena mungkin postingan kita hanya akan menjadi bacaan milik kita sendiri tanpa orang lain tau sedangkan mungkin tujuan kita membuat blog agar kita bisa share kepada banyak orang sekaligus untuk menjadikan lahan bisnis.

Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk perawatan dan pemeliharaan blog yang diantaranya:

1. Pemeriksaan menggunakan Fasilitas seoanalyser.net

Dengan tool ini kita dapat memeriksa keadaan blog kita dari berbagai macam error dan peringatan sehingga kita dapat mengusahakannya untuk memperbaiki. tidak hanya itu kita juga dapat mengontrol pagerank, index google, index bing serta SEO scor kita akan dapat dilihat di tool ini.
diusahan kita secara berkala mengecek blog kita melalui tool ini karena kemungkinan besar seiring dengan pengeditan yang kita lakukan pada template blog kita keadaannya akan berubah. bagi sobat yang ingin mencoba silahkan baca caranya Optimalkan blog dengan Seoanalyser.net

2. Pemeriksaan menggunakan Webmaster tool google

Bagi anda yang belum mendaftarkan blognya silahkan ikuti cara daftar blog ke webmaster google
Apabila sobat sudah mendaftarkan blognya disana maka kita dapat memeriksa keadaan blog kita dari berbagai hal yang dapat melemahkan keadaan blog kita di SERP.
Namun menurut saya hal yang wajib dan harus dilakukan adalah pemeriksaan pada bagian pengoptimalan khususnya pada point Penyempurnaan HTML,  silahkan periksa blog sobat semua pada point pengoptimalan kemudian klik pada bagian penyempurnaan HTML nah apabila blog sobat dalam keadaan baik-baik saja maka tidak akan ditemukan permasalahan disana, namun apabila blog sobat menemukan masalah maka disana akan ditampilkan hal-hal apa saja yang bermasalah. ada 3 unsur yang utama disana yaitu meta deskripsi, tag title dan konten tidak dapat diindex. apabila disana terdapat kesalahan beserta jumlahnya maka hal itulah yang harus kita perbaiki/ obati sampai sembuh hehehe. karena kesalahaa/penyakit tersebut sangat mempengaruhi keadaan blog kita.
Pemeriksaan ini harus berkala dilakukan jangan hanya sekali saja. karena yang namanya penyakit suka datang tiba-tiba.

3. Pemeriksaan Menggunakan Validator http://www.w3.org/

Kalau disini kita dapat memeriksakan blog kita menyangkut CSS dan HTML khususnya masalah Validasi, kita dapat memeriksakannya dan memperbaiki error-error yang ada, namun disayangkan buat pengguna template blogger khususnya yang gratisan alias blogspot hal ini tidak akan Valid 100% dikarenakan didalam template blogspot terdapat kode CSS bawan yang disimpan dalam CSS_Bundle.CSS yang sudah nyata terdapat error sementara kita tidak dapat mengeditnya dikarenakan kode tersebut di hidden. namun paling tidak meskipun begitu kita bisa meminimalisir dari error-error yang bisa kita edit.
Ini juga kita harus melakukan pemeriksannya secara berkala.


4. Pemeriksaan Menggunakan http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets

Kalau disini kita memeriksakan blog menyangkut beberapa hal yang diantaranya mengenai Author, Publiser, Updated dan hal lainya.
apabila blog anda setelah diperiksa menggunakan tool ini kemudian menemukan warning:missing maka segera lakukan perbaikan. untuk caranya silahkan baca Mengatasi Warning missing:required field

5. Pemeriksaan menggunakan http://www.givegoodweb.com/tools/page-check 

Disini kita dapat memeriksakan keadaan H1 dan title blog kita. silahkan periksakan blog sobat apabila terdapat peringatan maka sobat usahakan untuk memperbaikinya atau mungkin blog sobat tidak mempunyai struktur H1 silahkan perbaiki sobat bisa juga melakukan beberapa trik untuk menyiasati struktur H1 sobat untuk lebih jelasnya mengenai pembuatan struktur h1 otomatis silahkan baca Merubah tag H1 agar tempalate seo friendly

Itulah beberapa hal yang saya coba untuk memelihara dan merawat blog saya, namun apabila banyak kekurangan mohon sobat mau menambahkannya melalui komentar dan apabila ini berguna bagi sobat yang belum melakukannya saya ucapkan banyak terima kasih jangan lupa juga komennya ya.

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Tips merawat dan memelihara blog kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 11:15

2 komentar :

  1. wah makasih infonya gan… aku salah satu orang yang membpunya banyak blog yang terkena serangan spam.. tips nya aku coba dech… do’akan sukses yah semua???

    BalasHapus
  2. mantab, langsung test blogku, tx infonya

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |