Menjumlahkan data tak beraturan dengan fungsi SUMIF()

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Menjumlahkan data tak beraturan dengan fungsi SUMIF() dan semoga artikel ini bermanfaat.


Tutorial Excel di Belajar Komputer Melalui Internet kali ini mengenai Menjumlahkan Data tak beraturan dengan fungsi SUMIF().

SUMIF adalah fungsi penjumlahan nilai pada suatu range data dengan pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita. 

Syntax dari fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Keterangan
  • range : adalah range dari cell-cell yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriteria yang akan kita tentukan.
  • criteria : kondisi atau aturan filter yang ingin kita gunakan.
  • sum_range : jika ini disebutkan maka range ini yang akan jadi acuan untuk mengambil nilai, tetapi posisinya sesuai dengan kolom - baris dari range yang terfilter.

Lihat contoh diatas dimana pada data pembelian terdapat jenis barang dan jumlahnya menurut tanggal pembelian, pada rekap pembelian terdapat jenis barang dan jumlahnya perbulan. 
Untuk mempermudah pengisian pada Rekap Pembelian pada kolom jumlah kita gunakan fungsi SUMIF(), sehingga kita gak usah lagi menjumlahkan secara manual satu persatu. 
Dengan Fungsi SUMIF() ini akan meringankan dan mempercepat kerja kita karena coba bayangkan kalau jenis barangnya cukup banyak dan tanggalnya tiap hari diisi sangat repot kalau penjumlahannya secara manual seperti : untuk buku tulis =C4+C9+C14 dst....., dengan fungsi SUMIF ini kita cukup menuliskan pada kolom jumlah seperti ini :
=SUMIF($B$4:$B$18;B24;$C$4:$C$18)
selanjutnya  kita copy paste pada kolom berikutnya atau dengan mendragnya kebawah dan semua kolom akan terisi otomatis dengan jumlah sesuai dengan jenis barang.

Catatan:
Apabila data yang ada banyaknya lebih dari contoh maka cukup mengganti angka 18 dengan angka sel terakhir pada data yang kita buat.

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Menjumlahkan data tak beraturan dengan fungsi SUMIF() kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 09:32

5 komentar :

  1. Sangat bermanfaat dan mudah dipahami........

    Mohon info :
    Bagaimana menjumlah data dalam tampilan tabel yang sudah difilter untuk kriteria tertentu?

    Terima kasih

    Kasri

    BalasHapus
  2. terimakasih, masalah saya terselesaikan dengan rumus ini @@,

    BalasHapus
  3. Terimakasih, perhitungan gaji karyawan saya lebih cepat terselesaikan dg rumus ini.. Makasih..

    BalasHapus
  4. Bisakah di jelaskan apabila jenis barangnya misalnya di kolom a dan b. Dan jumlahnya juga terdiri dari 2 kolom misalnya kolom c dan d. Tetapi tidak beraturan juga tempatnya. Bisakah dibuat rumus agar menjadi 1 penjumlahan? Tlong pencerahanya.

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |