Mewarnai Cell menggunakan Conditional Formatting

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Mewarnai Cell menggunakan Conditional Formatting dan semoga artikel ini bermanfaat.


Jika anda sering menggunakan microsoft excel di dalam pekerjaan anda mungkin anda sering mengerjakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan data, di dalan suatu data terkadang ada data yang pengisiannya harus diperhatikan karena isi data itu dianggap paling penting.
Kali ini kita coba untuk membuat penanda otomatis suatu data dengan menggunakan warna yang berbeda pada bagian data yang dianggap penting dan yang digunakan yaitu fasilitas Conditional Formatting.
Berikut saya berikan contoh penggunaan Conditional Formatting, dalam hal ini adalah tentang warna.

Saya mempunyai tabel yang berisi data penerimaan dan pengeluaran. Hasil yang diinginkan jika pengeluaran sama dengan penerimaan maka cell akan berwarna hijau, jika pengeluaran lebih kecil dari penerimaan maka cell akan berwarna kuning, sedangkan jika pengeluaran lebih besar dari penerimaan maka cell akan berwarna merah. perhatikan gambar dibawah ini: 
belajar komputer melalui internet Dari Gambar disamping kita lihat warna cell penerimaan sama dengan warna pengeluaran yaitu hijau karena jumlah pada penerimaan dan pengeluaran sama yaitu 2.330.000 namun jika jumlah pengeluaran berbeda maka warnanyapun akan berbeda. 






Belajar Komputer melalui internet
Gambar disamping ini menunjukan bahwa pengluaran lebih kecil dari pendapatan maka cell secara otomatis berubah warna jadi kuning.









Belajar Komputer melalui internet
Gambar disamping menunjukan bahwa pengeluaran lebih besar daripada pendapatan cell secara otomatis berubah jadi merah.









ini cara pembuatannya:
    Pada Ribbon Home > Group Sytle pilih Conditional formatting. lalu pilih New Rule. Sehingga muncul kotak dialog seperti ini :
    Belajar Komputer melalui internet
    Setelah itu pada kolom select rule type pilih Use a formula to determine which cells to format. Pada kolom Format value where this formula is true, masukkan rumus : =$C$9=$C$3 dan klik format untuk mengatur warna yang diinginkan, yaitu warna hijau. ketika muncul kotak dialog Formatting, pilih tab Fill dan pilih warnanya. Sehingga akan tampak seperti gambar berikut :
    Belajar komputer melalui internet
    Lalu klik ok, ulangi cara diatas dengan mengisikan rumus :  =$C$9>$C$3 format warna merah. dan ulangi lagi masukan rumus : =$C$9<$C$3 format warna kuning. kemudian ulangi lagi membuka conditional formatting dan klik manage rule... nanti akan terlihat seperti gambar ini:
    Belajar komputer melalui internet
     langkah selanjutnya pada Applies ganti dengan: =$A$9:$C$9 untuk semua rule.

    Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Mewarnai Cell menggunakan Conditional Formatting kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

    DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

    Masukan Alamat Email Sobat:

    Delivered
    feedburner

    Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 18:08

    25 komentar :

    Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

    close
    GUESTBOOK
    Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
    backlink
    Dashboard
    | Copyright © 2012 |
    | Belajar Komputer Melalui Internet |
    | Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |