Analisa Pengunjung blog

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Analisa Pengunjung blog dan semoga artikel ini bermanfaat.


Analisa Pengunjung blog, agar kita lebih tau keadaan blog kita dari berbagai sisi. Pengunjung Blog umumnya adalah datang dari hasil pencarian dibowser pengunjung dan itulah pengunjung blog yang sangat berarti buat perkembangan blog kita pada posisi SERP maupun Pagerank, pengunjung blog selain dari mesin pencari ada juga yang datang dari hasil pertukaran link antar sesama bloger, kunjungan balik dari blog yang kita kunjungi setelah kita berkomentar disana ada juga pengunjung blog yang datang dari shoutbook atau buku tamu yang pernah kita berkomentar disana. Nah dari sanalah pengunjung datang, namun pengunjung yang paling berkualitas adalah pengunjung yang datang dari pencarian di google, bing, yahoo, ask dan lain sebagainya.
Analisa Pengunjung blog memang perlu kita lakukan dengan maksud dan tujuan supaya kita tau seberapa banyak pengunjung kita dari sumber-sumber datangnya pengunjung diatas. Analisa ini terkadang dilupakan dan dianggap tidak perlu untuk dilakukan karena menganggap pengunjung itu akan datang dengan sendirinya, Ya memang betul pengunjung itu akan datang dengan sendirinya tapi perlu diingat pengunjung tidak akan datang jika mereka tidak menemukan LINK atau alamat blog kita, betul tidak sobat ?  sekarang saya akan berbagi pengalaman dengan sobat tentang bagaimana cara Analisa Pengunjung blog, agar kita bisa mengoptimalkan datangnya pengunjung, namun mohon maaf kalau pengalaman saya ini tidak sepaham dengan sobat, atau mungkin sobat menganggap ini omong kosong karena melihat trafik pengunjung blog inipun masih rendah bila dilihat dari data statistik histats. namun tak lepas dari itu perlu sobat ingat trafik pengunjung juga dipengaruhi dengan seberapa banyak jumlah posting dan seberapa lama blog tersebut usianya, mungkin buat blog yang sekarang sudah tumbuh menjadi blog terkenal dengan jumlah pengunjung ribuan perhari analisa ini sudah tidak diperlukan lagi namun buat blog seperti saya ini yang masih minim konten dan usia yang relative masih baru menganalisa pengunjung sangat perlu dilakukan.

Berikut cara mudah menganalisa pengunjung blog :
  • Untuk menganalisa pengunjung blog sobat harus memasang beberapa widget yang menyangkut dengan statistik yang diantaranya widget counter stats, site info alexa, counterflag dan yang sangat penting sekali yaitu widget trafic feed dari feedjit.
  • Secara garis besar kita juga bisa menggunakan beberapa situs penyedia statistic seperti google analytic dan situs penyedia lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas menganalisa secara mudah dengan menggunakan widget trafic feed dari feedjit dan ini penganalisa yang realtime paling gampang karena kita cukup melihat saja perkembangan widget tersebut. kalau sobat belum pasang widgetnya silahkan kunjungi situsnya di http://feedjit.com.
cara menganalisa pengunjung dengan widget ini kita bisa tau mereka datang berasal dari mana baik itu asal negaranya, kotanya serta yang paling penting kita perhatikan adalah mereka datang datang melalui apa? apakah melalui mesin pencari, Lewat jalinan tukeran link atau melalui buku tamu.
lihat contoh gmbar disamping:
arrived = tiba, itu menunjukan dari sumber apakah mereka datang, apakah mereka datang dari pencarian google dengan kode google.com, google.co.id atau kalau dari luar negara akan ditampilkan kode setelah .com contoh gambar google.com.hk dan lihat pada bagian Viewed itu menadakan pengunjung itu melihat judul artikel apa yang ada di blog kita. apabila pengunjung yang datang melalui link kita yang disimpan di link sahabat maka akan ditampilkan pada arrivednya link atau nama bloh sahabat tersebut begitupun kalau datang dari buku tamu akan ditampilkan situsnya.

Kesimpulan Analisa Pengunjung Blog bisa kita ketahui seberapa banyak atau sering pengunjung yang datang dari sumber yang dijelaskan diatas. kalau saja pada widget tersebut sangat sedikit atau kurang menampilkan pengunjung dari pencarial khususnya google maka kita perlu melakukan beberapa langkah untuk mengoptimalkannya yang diantaranya dengan Cara Membuat Blog/Website Seo Friendly atau mungkin harus mengecekduplikat konetn, baca Cara menghilangkan tag judul duplikat akibat archive. dan banyak lagi hal yang perlu dilakukan.
mengapa kita harus mengoptimalkan pengunjung yang datang dari mesin pencari? karena pengunjung yang asli dan unik itu lah yang kita cari. berdasarkan pengalaman selama ini pengunjung yang datang dari buku tamu atau dari komentar buat blog ini kurang membantu karena keterbatasan waktu yang kita punya. tapi kalau buat yang sudah terbiasa blogwalking pasti itu sangat membantu sekali. apalagi buat yang menggunakan jaringan internetnya lemot wah sangat repot kalau harus mengandalkan blogwalking.

Bagaimana sobat apakah sobat sudah mengetahui darimana pengunjung blog sobat berasal?
Selamat mengoptimasi dan blogwalking salam sukses selalu..//

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Analisa Pengunjung blog kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 14:33

12 komentar :

  1. Nice info gan,saya bookmark dlu. Kunjungan sore hari. Keep spirit.....

    BalasHapus
  2. kalau dipikir-pikir, perlu juga dilakukan analisa pengunjung blog...yang penting..tidak mengganggu pengunjung tetap blog :)

    BalasHapus
  3. Iya GAn, mantap Analisa Ringkasnya.

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bermanfaat :)
    Blog Anda sudah saya follow, tolong follow balik blog baru saya ya?? Anda juga bisa request software sesuai keinginan Anda, nanti saya akan membuatkannya sesuai kemampuan saya secara GRATIS!!
    Info lebih lanjut ke post blog saya >> gcomxp.blogspot.com/2012/08/my-software-menerima-request.html

    Terimakasih dan maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  5. ane malahan ga pake feedjit heheh kalau BW palingan cuma komen2 lewat mobile saja :D

    BalasHapus
  6. wah,,,ternyata analisa pengunjung juga penting ya???
    kalo cra masang feedjit sih ana udah bisa,,,kalo yg widget counte stats, site info alexa, counterflag itu ana belum bisa,,,

    BalasHapus
  7. kunjungan malam sob, happy blogging

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |