Cara Menata widget di blogspot

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Cara Menata widget di blogspot dan semoga artikel ini bermanfaat.


Lagi-lagi saya akan berabagi, kali ini mengenai Cara Menata widget di blogspot. Sebenarnya saya sudah sedikit jenuh membuat postingan tentang tutorial dan optimasi SEO sederhana ini namun saya selalu penasaran kalau pengalaman saya dalam mengutak atik blog ini tidak dituliskan melalui postingan.
Terkadang saya berpikir kapan saya membuat postingan mengenai hal yang lain, namun saya berpikir pula alangkah lebih baik kalau sebelum beranjak kepada membuat postingan yang lain itu saya bangun dulu blog ini semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan saya toh seandainya blog sudah maksimal maka apabila kita memposting hal yang lain itu dengan sendirinya akan menjadi maksimal baik itu dari segi kelancaran dalam memposting karena tidak akan lagi memikirkan penataan dan pengoptimasian.
Dengan jujur saya sampikan merasa bangga dengan blog yang minimal ini karena mulai dari pengindexan di mesin pencari google blog ini sudah cukup singkat dan berada diperingkat yang tidak begitu jauh dihalam pencarian. dari segi pengunjung dengan cara optimasi onpagenya yang minimal ini meskipun tidak berjumlah ribuan namun selalu ada saja pengunjung yang singgah di blog ini, berarti saya tidak sia-sia berbagi pengalaman ini.
Oh, ya mungkin terlalu benyak kalimat yang saya sampaikan sebagi pembukaan membahas Cara Menata Widget di blogspot ini, kita langsung aja ke pokok bahasan.

1. Memilih Widget

Sebisa mungkin kita memasang widget yang penting saja dan apabila menggunakan javascript diusahakan menggunakan yang sudah dihosting dengan hostingan sendiri, ini dimaksudkan menghindari overload karena sudah dapat dipastikan kalau kita menggunakan hostingan orang lain dan yang menggunakannya banyak apabila pada saat bersamaan menggunakannya akan mengakibatkan beratnya loading javascript tersebut. Juga yang lebih patal manakala hostingan itu dihapus atau terhapus dari hostingannya maka kita tidak akan bisa mengaksesnya lagi.

2. Menyusun Widget

Dalam penyimpanan widget terutama widget yang menggunakan kode javascript dari pihak ketiga yang secara langsung mengakses dari penyedia widget itu usahakan diletakan dipaling bawah, ini dimaksudkan agar pada waktu mengaksesnya tidak menghambat pada pengaksesan widget yang lain yang dianggap lebih perlu. alasannya karena widget yang disediakan pihak ketiga kebanyakan memerlukan loading yang sedikit lama yang diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang memasang widget tersebut bahkan terkadang widget tersebut tidak bisa diakses atau error apabila terjadi masalah pada sumber penyedia.

3. Meminimalkan Tampilan Widget

Yang dimaksudkan disini adalah mengecilkan tinggi dari widget yang memang widget tersebut memakan tempat/ terlalu tinggi, yang diantaranya seperti widget popular post disaat kita menampilkan jumlah post banyak, Recent Comments ini sama seperti popular post, Link sahabat bagi yang suka bertukeran link, Live traffic feed feedjit, Artikel terkait, Recent post dan lainya.
Adapun caranya dapat dilakukan dengan beberapa cara yang diantaranya:

Dengan menggunakan Efek scroll, 

ini bisa dilakukan dengan menggunakan kode overflow, cara menerapkannya tambahkan kode dibawah ini pada kode widget.
<div style="height:300px;overflow:auto;">
masukan kode widget sobat
</div>
Untuk ketinggiannya silahkan sobat atur angka yang berwarna merah

Apabila widget tersebut sudah terpasang kodenya secara otomatis dari bawaan blogger seperti;   
Entri/popular post, resent post, recent comment dan lainnya, maka sobat dapat menambahkan kode overflow tersebut pada edit HTML. Caranya:
Pada edit HTML centang sobat cari kode widget yang mau diedit, contoh untuk widget popular post seperti ini:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'><h5><data:title/></h5></b:if>
<div class='widget-content popular-posts'>
<ul>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
Sobat tinggal tambahkan kode overflownya pada kode yang berwarna merah, dan jadinya seperti ini
<div class='widget-content popular-posts' style='height:300px;overflow:auto;'>
Hal ini bisa anda terapkan pada semua kode widget bawaan blogger, intinya sobat tinggal cari kode widgetnya kemudian lihat kebagian bawahnya pada kode <div class='widget-content'> anda tinggal menam,bahkan kode style='height:300px;overflow:auto;' sehingga hasilnya menjadi:
<div class='widget-content' style='height:300px;overflow:auto;'>
angka 300 boleh sobat ganti. dalam hal penambahan kode yang kedua ini sobat bisa gunakan juga untuk kode widget yang menggunakan javascript tidak terpaku pada widget bawaan saja, kalau sobat mau menggunakan cara kedua maka sobat jangan menggunakan kode yang pertama.

Untuk meminimalkan tinggi widget yang lain yaitu menggunakan efek scroll bergerak Bisa ikuti Cara membuat recent post menggunakan efek scroll   atau dengan Cara Membuat Popular Post bergerak di blogspot  cara ini bisa dipasang pada widget yang lain.

4. Tata letak widget

Yang saya maksudkan disini yaitu memposisikan letak widget dalam kolom widgetnya, yang diantaranya Widget berada disisi kiri, tengah atau sisi kanan.

Untuk mengatur posisi widget Rata tengah. sobat dapat menggunakan script ini, <center>script code sobat</center> dan <div align="center">script code sobat</div>

Untuk Rata kiri sobat gunakan kode <div align="left">script code sobat</div>
Untuk Rata kanan sobat gunakan kode <div align="right">script code sobat</div>

Mungkin lebih banyak cara lain lagi untuk menata widget ini namun barangkali cukup sekian dulu ya lain kali saya akan share cara yang lainnya.


Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Cara Menata widget di blogspot kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 20:12

2 komentar :

  1. Mas mantep nih tutor
    berguna buat para blogger :D

    BalasHapus
  2. mantap bang.....uda saya jalanin tipsnya..
    blogwalking ke www.ashare-xp.blogspot.com

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |