Merubah Deskripsi/tagline mengikuti judul postingan

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Merubah Deskripsi/tagline mengikuti judul postingan dan semoga artikel ini bermanfaat.


Merubah deskripsi mengikuti judul postinagn disini maksudnya yaitu agar pada header blog yang ditampilkan judul blog dan deskripsi blog sama dengan judul postingan, dimana apabila ada pada halaman depan yang ditampilkan judul blog dan deskripsi blog sedangkan apabila berada pada halaman postingan yang akan ditampilkan adalah judul blog dan judul postingan, sebagai contoh lihat blog ini pada halaman depan akan seperti ini tampilan headernya:
Merubah deskripsi default
sementara apabila berada di halam postingan akan tampil berbeda, sebagai contoh saya buka postingan dengan judul Maksimalkan Modem Smartfren maka pada header akan tampil seperti ini:
Merubah deskripsi default
dari gambar diatar dapat disimpulkan:

Gambar 1 menunjukkan tampilan standard template dimana pada semua halaman posting selalu ditampilkan tagline/deskripsi blog yang sama.
Sedangkan Gambar 2 menampilkan tampilan header blog setelah dimodifikasi sehingga tagline tiap halaman berubah otomatis mengikuti judul posting yang dibuka.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah, bagimana caranya agar header menampilkan bukan cuma Judul Blog dan Deskripsi Blog/Tag Line Blog, namun agar yang ditampilkan adalah Judul Blog dan diikuti "Judul Artikel Posting", sehingga judul artikel jadi makin terlihat jelas

Caranya sebagai berikut:
1. Log in ke account blogger
2. Masuk ke halaman design >> edit html >> (centang expand widget templates).
3. Cari kode di bawah ini:
<b:includable id='description'>
<div id='desc'><data:description/></div>
</b:includable>
Atau untuk beberapa template ada yang formatnya begini:
<div class='descriptionwrapper'>
<p class='description'><span><data:description/></span></p>
</div>
4. Setelah kamu temukan kode tersebut, lalu Gantilah kode tersebut dengan kode berikut:
<div class='descriptionwrapper'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'><p class='description'><span><data:description/></span></p>
<b:else/>
<p class='description'><span><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:blog.pageName/>
</b:if></span></p>
</b:if>
</div>
5. Kemudian Save/Simpan template.

Sekarang coba buka salah satu artikelmu, apakah deskripsi/tagline blogmu telah berubah mengikuti Judul Artikel pada masing-masing halaman posting?

Catatan:
Cara ini masih dalam Tampilan standard blogger, apabila tampilan ingin seperti blog ini silahkan atur posisi judul dan deskripsinya menjadi ditengah dan ukuran fontnya sesuaikan. untuk menghilangkan judul potingan yang ada di halaman silahkan anda atur ukuran post titlenya menjadi 1px atau atur sendiri sehingga judul di postingan hilang.

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Merubah Deskripsi/tagline mengikuti judul postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 07:59

6 komentar :

  1. maaf gan, mau nanya, untu membuat tag yang di bawah postingan itu caranya gimana ya?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. sampai saat ini belum ada referensi yang menjelaskan hal ini sob, jadi saya ga bisa menjawab hal itu. namun bila kita berpedoman pada cara robot google mengcrawl halaman mungkin juga berpengaruh karena kalimat itu sudah pasti akan tercrawl juga. namun seberapa besar ga tau sob. postingan ini hanya untuk menjadikan deskripsi blog lain dari yang lain saja sih sebenarnya adapun pengaruhnya terhadap SEO ya kita serahkan saja ke si embah. hehehe

      Hapus
  3. maksudnya itu menjadikan desrkipsi blog dengan judul posting?

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |