Fungsi VLOOKUP() Ms. Excel

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Fungsi VLOOKUP() Ms. Excel dan semoga artikel ini bermanfaat.


fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP berisi sebuah argumen yang disebut range_lookup yang memungkinkan untuk menemukan pencocokan sama persis untuk nilai pencarian data tanpa pemilahan Tabel Pemeta.
Cara penulisan fungsi VLookup()
VLookup(nilai_dicari,table_array,index_kolom,range_lookup)
  • nilai_dicari adalah nilai yang dicari pada kolom pertama dari array. nilai_dicari dapat berupa suatu nilai, sebuah referensi atau sebuah text string.
  • table_array adalah tabel dari informasi dimana data dicari. Gunakan referensi berupa sebuah range atau nama range, seperti database atau list.
  • index_kolom adalah nomor kolom dalam table_array dari mana nilai yang cocok harus dikembalikan. Index_kolom 1 mengembalikan nilai dari kolom pertama dari table_array; index_kolom 2 mengembalikan nilai dari kolom kedua dan seterusnya.
  • range_lookup adalah nilai logika yang menentukan apakah anda mencari nilai yang benar-benar sama atau mendekati sama. Jika TRUE atau diabaikan atau kosong nilai yang mendekati yang akan dikembalikan. Dengan kata lain jika nilai yang sama tidak ditemukan maka nilai yang terbesar yang lebih kecil dari nilai_dicari dikembalikan. Jika FALSE, VLookup akan mencari yang benar-benar sama. Jika tidak ditemukan nilai error #N/A akan dikembalikan.
sebagai contoh:

Pada kolom C14 kita ketikan formula =VLOOKUP(B14;$B$4:$E$7;4;FALSE)
kolom C14 merupakan Jumlah harga buku tulis pada bulan januari sehingga dengan memasukan formula diatas maka akan menghasilkan jumlah harga buku tulis sesuai dengan kolom E4.
untuk kolom C15 dan seterusnya Cukup Copy kolom C14 dan pastekan atau cukup drag dari kolom C14 sampai kolom C19. dan apabila di kolom C18 dan C19 menghasilkan #N/A maka kita bisa menghapusnya karena data tersebut tidak ditemukan atau bisa juga fungsi Vlookup tersebut ditambah fungsi IF() dan ISNA() Lihat contohnya cara menghilangkan #N/A pada fungsi Vlookup.

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Fungsi VLOOKUP() Ms. Excel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 15:47

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |