Beberapa Masalah deskripsi blog dan cara mengatasinya

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Beberapa Masalah deskripsi blog dan cara mengatasinya dan semoga artikel ini bermanfaat.


Beberapa Masalah deskripsi blog dan cara mengatasinya artikel ini sebagai lanjutan dari Cara menghilangkan tag judul duplikat akibat archive dan ini masih membahas masalah yang sering terjadi pada blog yang mungkin belum mengoptimalkan SEOnya, sebagaimana ini terjadi pada blog saya yang masih baru sekali dan belum sempat dioptimasi.
Masalah Deskripsi Blog ini tentunya pasti akan terjadi manakala blog kita masih menggunakan template bawaan khususnya blogger yaitu blogspot dan juga ini sering terjadi pada blog yang menggunakan template secara gratisan. saya akan ambil contoh blog bawaan blogger, pada template bawaan blogger meta deskripsi ini apabila belum dioptimasi atau belum dipasang meta deskripsi dinamis maka akan terjadi yang diantaranya :
  1. Blog tersebut tidak akan mengandung deskripsi ini apabila blog tersebut memang tidak menggunakan meta deskripsi yang ada pada setelan bloggernya. intinya blog tanpa menggunakan deskripsi baik itu deskripsi halaman utama atau meta deskripsi tiap halaman. Deskripsi halaman utama yang ada pada setelan dasar blogger tepatnya dibawah judul blog dan Tag meta deskripsi yang ada pada setelan preferensi penulusuran. 
  2. Blog mengandung deskripsi terlalu panjang ini apabila kita menggunakan deskripsi yang terlalu panjang yaitu melebihi batas yang ditentukan deskripsi yang ditentukan maksimal 150 karakter. 
  3. Blog mengandung deskripsi singkat ini apabila menggunakan deskripsi yang terlalu pendek, nah dalam hal ini saya ga mau sok tau karena memang belum tau seberapa pendek aturan minimalnya namun yang pernah saya alami memang ini terjadi.
  4. Blog mengandung deskripsi Duplikat ini terjadi apabila blog tersebut terdapat deskripsi yang sama pada tiap postingan/artikel. hal ini sering terjadi seperti pada point pertama yang menggunakannya hanya pada deskripsi halaman utama tanpa memasang Tag meta deskripsi untuk tiap halaman.
Untuk mengetahui apakah blog kita mempunyai masalah seperti hal diatas atau tidak kita bisa menggunakan webmaster tool google bagi yang belum tau caranya anda bisa mengikuti seperti pada Cara menghilangkan tag judul duplikat akibat archive silahkan anda lihat pada Penyempurnaan HTML.
sebagai contoh ini dari blog saya sebelum diperbaiki.

Mengatasi meta deskripsi
dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa terdapat Duplikat deskripsi 2 halaman dan Deskripsi singkat 3 halaman.
untuk mengatasi permasalahan diatas maka kita perlu mengoptimasi blog kita yang diantaranya:
  1. Untuk lebih praktisnya kita pasang meta deskripsi dinamis dengan memperhatikan jumlah karakter usahakan semaksimal mungkin yaitu mendekati 150 karakter. bagi yang mau membuat meta deskripsi dinamis silahkan baca Cara Membuat Blog/Website Seo Friendly
  2. atau bagi pengguna template blogger apabila mau memasang meta tag deskripsi bawaan maka harus diperhatikan pengisiannya jangan sampai tidak diisi untuk tiap halamannya.
  3. usahakan menggunakan judul jangan terlalu pendek atau terlalu panjang buat yang menggunakan meta deskripsi dinamis dan bagi yang menggunakan meta tag deskripsi bawaan blogger usahakan memasang deskripsinya jangan terlalu pendek juga terlalu panjang.
Tip:
Bagi sobat yang ingin tau mengenai duplikat Title dan deskripsi yang terjadi pada blog sobat secara mudah tanpa mengunjungi Webmaster tool google silahkan opensource blog sobat caranya bagi yang menggunakan mozilla pada halaman yang mau dilihat baik itu di halaman utama maupun dihalaman postingan setelah terbuka halamannya silahkan tekan Control+U (Ctrl tahan kemudian U) pada keyboard sobat. nah apabila opensource blog sobat sudah terbuka apabila mempunyai title dan meta deskripsi lebih dari satu itu sudah pasti bermasalah dan harus diperbaiki, atau mungkin juga tidak ada apabila kita belum memasangnya.



Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Beberapa Masalah deskripsi blog dan cara mengatasinya kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 19:29

8 komentar :

  1. blog ane malah sekarang templatenya tidak bisa di utak-atik, mau ganti template malah sayang

    BalasHapus
  2. kalo masalah blogku selalu beat kata mereka hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu... saya percaya mba ma blognya yang keren.. tanpa optimasipun pasti kebanjiran pengunjung hehehehe .... makasih ya atas kunjungannya.

      Hapus
  3. salah satu posting di blog q tdk muncul judul dan isinya; pdhl di beranda blog deskripsi dan judulnya muncul. namun ketika d klik read more, yang tampil malah hlmn kosong, tpi widgetnya msh ttp da.
    tlng sya untk mngatsi msalh ini.
    thnx :)

    BalasHapus
  4. kalo blog ku kok gag bisa yaa.....
    pas tak cek di blogger ternyata di gembok..
    kasih solusi donkkkk

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |