Cara Mengatasi Duplikat meta Title dan konten

Salam sukses selalu buat sobat semua, Belajar Komputer Melalui Internet saat ini akan sedikit membahas tentang Cara Mengatasi Duplikat meta Title dan konten dan semoga artikel ini bermanfaat.


Duplikat meta Title dan konten memang sangan rentan terjadi, namun hal ini bagi sebagian blogger memang tidak disadari terlebih bagi mereka yang tidak pernah memeriksanya melalui webmaster tool google.
Mungkin masih banyak sahabat blogger yang bertanya apa itu duplikat  Title dan konten .
Duplikat Title (Duplicate Title) artinya adalah beberapa halaman yang memiliki judul yang sama. Secara pemikiran mungkinkah kita menulis artikel dengan isi yang benar-benar sama pada 2 halaman yang berbeda? Jelas tidak mungkin. Duplikat title ini terjadi karena adanya perbedaan URL pada blog kita.
Cara Menghindari Duplikat Title (Duplicate Title) Jika kita kurang teliti masalah ini bisa menyebabkan blog kita tidak di index oleh google karena blog kita dianggap spam. Untuk menghindari duplikat title ini sobat bisa menggunakan meta tag rel=canonical.
Caranya cari kode <head> pada template blogger yang sobat gunakan dan letakkan kode berikut ini dibawahnya :  
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
meta tag ini memperingatkan crawler untuk tidak menganggap duplikat title jika ada link yang sejenis.
Duplikat Konten (Duplicate Content) - Jika penjelasan di atas adalah tentang adanya title yang 'sama', maka untuk duplikat konten url yang dianggap memiliki duplicate content adalah url yang benar-benar berbeda. Hal ini bisa terjadi karena pada platform blogspot menyediakan fitur arsip yang mana tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung atau pemilik blog melihat daftar tulisannya.  nah alamat arsip ini jika pada bulan dan tanggal tersebut hanya memiliki satu postingan maka isi atau kontennya akan sama dengan link aslinya, hal inilah yang disebut duplikat konten atau duplicate content.
Menghindari Duplikat Konten (Duplicate Content)
caranya yang pertama sobat bisa matikan fitur arsip pada blog sobat. Caranya masuk ke Settings > Archive > pilih No Archive. Dengan begini maka blog kita akan aman dari yang namanya duplikat konten karena arsip.
Cara ke-2 yaitu bagi anda yang masih ingin menggunakan fitur arsip, misalnya untuk daftar isi gitu, sobat bisa menggunakan pengecekan kondisi pada meta tag yang diletakkan di template sobat, cari kode <head> dan ketikkan kode berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>
</b:if>

Mungkin sampai disini dulu Belajar Komputer Melalui Internet tentang Cara Mengatasi Duplikat meta Title dan konten kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

DAPATKAN ARTIKEL VIA EMAIL

Masukan Alamat Email Sobat:

Delivered
feedburner

Dipublish oleh : Abdul Kohar - Jatinangor Rating 5 Belajar Komputer Melalui Internet, Updated at: 01:49

6 komentar :

  1. Pake cronical atau broadcum sih, aku bingung mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sobat ada keterangan kalau breadcrumb bisa ngatasi duplikat title dan content gitu?

      Hapus
  2. Postingan yang bagus..ini sangat membantu kami sebagai blogger newbie.karena memang duplikat konten ini berpengaruh pada search engine.

    BalasHapus
Silahkan Tinggalkan jejak sobat, bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy dengan ctrl+c dan paste kodenya didalam kotak komentar...

close
GUESTBOOK
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
backlink
Dashboard
| Copyright © 2012 |
| Belajar Komputer Melalui Internet |
| Desain by: Abdul Kohar | Powered by: Blogger |